INA-PERSAI LOGO

Sejarah

Perkumpulan Seminat Akses Intravena Indonesia (INA-PERSAI) adalah organisasi seminat dalam hal terapi infus yang memiliki visi, misi, dan tujuan untuk meningkatkan standar praktik terkini dan kompetensi dalam hal manajemen infus di Indonesia. Perkumpulan ini didirikan pada tanggal 6 Juni 2023 di Jakarta oleh sekelompok perawat (8 orang) yang berasal dari pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. INA-PERSAI resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan NOMOR AHU-0004880.AH.01.07.TAHUN 2023.

INA-PERSAI lahir dari tidak adanya standar nasional dalam praktik terapi infus sehingga terdapat perbedaan dalam praktik manajemen infus di berbagai pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu, INA-PERSAI bertujuan untuk membuat standardisasi praktik terapi infus, meningkatkan kompetensi ners I.V., mengadakan sertifikasi kompetensi I.V. ners di Indonesia, melakukan audit implementasi standardisasi praktik terapi infus, dan membangun ekosistem untuk mendukung praktik terapi I.V. di Indonesia.

Dengan semangat yang teguh dan komitmen yang kuat, INA-PERSAI berhasil mengadakan Seminar Ilmiah dan Kongres Nasional Pertama pada 25 Juni 2023 dengan dukungan dari PT. 3M Indonesia (sekarang Solventum).