INA-PERSAI LOGO

Jakarta, 25 Juni 2023 – Perkumpulan Seminat Akses Intravena Indonesia (INA-PERSAI) sukses menggelar seminar ilmiah pertamanya sejak organisasi ini berdiri pada 6 Juni 2023. Seminar dalam format hybrid ini dihadiri 120 peserta secara luring di Hotel Holiday Inn & Suites Gajah Mada Jakarta dan 330 peserta secara daring melalui Zoom yang berasal dari 63 rumah sakit di Indonesia. Pada kesempatan yang sama, INA-PERSAI sekaligus menyelenggarakan Kongres Nasional Pertama untuk menetapkan anggaran dasar rumah tangga, rencana kegiatan, dan memilih ketua umum INA-PERSAI periode 2023-2028. 

Seminar ilmiah INA-PERSAI ini mengusung tema “Better Understanding of INS Guideline 2021: Clinical Implication, Challenge and Future Direction”. Dibuka dengan sambutan dari 3M Indonesia selaku sponsor utama dan Ketua Kongres INA-PERSAI Dr. Elis Puji Utami, Ns., S.Kep., MPH., FISQua. “Saya percaya, bahwa INA-PERSAI akan menjadi pelopor dalam membawa perubahan pada praktik manajemen terapi intravena di Indonesia, memiliki anggota yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, menerbitkan panduan, memiliki program sertifikasi spesialisasi, dan mampu menyelenggarakan infuse program,” ungkap Elis.

Hal senada juga disampaikan dalam perkenalan INA-PERSAI sebagai organisasi profesi oleh Rosdelima Simarmata, BN, SE, MARS, FISQua selaku ketua pendiri organisasi tersebut. Dalam perkenalannya ia mengemukakan bahwa INA-PERSAI hadir sebagai perkumpulan independen yang bertujuan untuk meningkatkan spesialisasi melalui standar praktik dan etika profesional yang ketat, mengajak semakin banyak perawat klinis bergabung untuk secara bersama-sama membuat standardisasi praktik manajemen terapi intravena. Dalam perkenalan ini Rosdelima mengajak para peserta seminar menyaksikan roadshow pendirian INA-PERSAI yang berlangsung selama kurang lebih dua tahun sekaligus menandai peluncuran secara resmi INA-PERSAI. 

Sesi seminar dimulai dengan keynote speech yang disampaikan oleh Ketua PPNI DKI Jakarta Ns. Jajang Rahmat S., M.Kep., Sp.Kep.Kom dengan judul “Pengenalan Himpunan Seminat dan Legal Etik Asuhan Keperawatan”. Para peserta memiliki kesempatan untuk terlibat dalam diskusi interaktif, menjalin jaringan dengan rekan-rekan, dan mendapatkan wawasan tentang arah masa depan terapi intravena di Indonesia.  

Seminar ilmiah ini menampilkan berbagai materi informatif dan terkini dengan para pembicara ahli dalam bidang akses intravena, yang mencakup topik-topik seperti “Management of Intravascular in Indonesia: Where We Are? Where We Go?” yang disampaikan oleh Direktur Keperawatan Rumah Sakit Universitas Indonesia Dr. Masfuri, S.KP., M.N; “Better Understanding of INS Guideline 2021: Clinical Implication, Challenge and Future Direction” yang dipaparkan secara online oleh dosen dan spesialis perawat klinis Ns. Defi Efendi, Sp.Kep.An; “Health Economics: Knowledge that Supports Decision Making for Value-Based Services in IV Therapy” yang dibawakan oleh 3M Scientific Affair & Education Specialist Asian Region Adam Low MBA, BHA (Nurs), RN, CCN; serta materi “3M Solution to Reduce CRBSI according to INS 2021 Guideline” yang disampaikan oleh Ns. Wike Silaban. S.Kep selaku 3M Scientific Affair & Education Specialist Indonesia. 

Setelah sesi seminar ilmiah, acara dilanjutkan dengan Kongres Nasional Pertama INA-PERSAI yang dibagi ke dalam enam sidang pleno. Kongres ini diikuti sebanyak 50 peserta yang dikelompokkan ke dalam empat komisi. Kongres dimulai dengan pembahasan dan pengesahan jadwal acara dan tata tertib Kongres Nasional I, dilanjutkan dengan pemilihan dan pengesahan pimpinan Kongres, sidang komisi dan rekomendasi program kerja, pemilihan bakal calon ketua, pemungutan suara, pelantikan ketua umum INA-PERSAI, hingga pengesahan tim formatur dan perumus program kerja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *